Pemeriksaan dan Penggantian Komponen Kopling
Salam otomotif. Ok ,Setelah admin membagikan informasi tentang Cara Mudah Melakukan Perawatan Pada Mobil . Kali ini admin akan berbagi sedikit tentang Pemeriksaan dan Penggantian Komponen Clutch. Ok tanpa banhyak basa basi lagi, langsung aja deh.
Pengertian Kopling
Kopling adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua poros pada kedua ujungnya dengan tujuan untuk mentransmisikan daya mekanis. Kopling biasanya tidak mengizinkan pemisahan antara dua poros ketika beroperasi, namun saat ini ada kopling yang memiliki torsi yang dibatasi sehingga dapat slip atau terputus ketika batas torsi dilewati.
Tujuan utama dari kopling adalah menyatukan dua bagian yang dapat berputar. Dengan pemilihan, pemasangan, dan perawatan yang teliti, performa kopling bisa maksimal, kehilangan daya bisa minimum, dan biaya perawatan bisa diperkecil.
Pemeriksaan dan Penggantian Komponen Kopling |
Pemeriksaan dan Penggantian Komponen Kopling
Fungsi Kopling
Kopling digunakan dalam permesinan untuk berbagai tujuan:
Untuk menghubungkan dua unit poros yang dibuat secara terpisah, seperti poros motor dengan roda atau poros generator dengan mesin. Kopling mampu memisahkan dan menyambung dua poros untuk kebutuhan perbaikan dan penggantian komponen.
Untuk mendapatkan fleksibilitas mekanis, terutama pada dua poros yang tidak berada pada satu aksis.
Untuk mengurangi shock load dari satu poros ke poros yang lain.
Untuk menghindari beban kerja berlebih.
Untuk mengurangi karakteristik getaran dari dua poros yang berputar.
Cara Pembongkaran dan pemeriksaan komponen kopliing
Sebelum melakukan pembongkaran, tempat kan kendaraan di tempat yang rata. Apabila menggunakan lift car pastikan posisi nya sudah tepat.
Urutan pembongkaran kopling :
-lepas ground/negatif batteray
-lepas propeller saft (pps)
-lepas kan kabel speedometer,switch mundur,handle gigi,kemudian lepas power clutch
-lepas semua baut transmisi yang mengikat transmisi dengan mesin
-kemudian lepaskan baut mounting transmisi
-setelah terbuka semua baut, pasang kan T/M jack untuk membantu menahan transmisi sebelum terlepas
-kemudian lepaskan transmisi , pada bagian ini memang biasa nya agak susah, perlu banyak tenaga untuk melepas dan menurunkan transmisi tersebut. Tarik transmisi sambil menggoyang-goyangkannya
-setelah transmisi terleps, maka akan terlihat semua dari komponen kopling
-kemudian lepas clutch cover, maka secara bersamaan clutch disk akan ikut terlepas
-periksa kondisi clutcth cover, apabila sudah keras dan mualai aus maka harus di ganti
.
- Periksa kondisi clutch disk, apabila sudah habis atau tipis maka harus dig anti,karena apabila clutch disk yang sudah aus tidak di ganti, maka akan mudah slyp, sehingga menurunkan performa mesin dan menimbulkan bau gosong
-peiksa kondisi pilot bearing, apakah masih bagus atau sudah aus. Apabila pilot bearing sudah aus maka harus di ganti
-periksa juga keadaan release bearing, apabila puataran release bearing sudah berat putarannya maka dapat di pastikan bahwa release bearing sudah aus dan harus dig anti agar tidak menimbulkan suara mendecit saat di operasikan dan kinerja kopling menjadi sempurna saat di operasikan, sehingga perpindahan gigi percepatan menjadi lebih mulus dan lembut.
Demikian lah artikel tentang Pemeriksaan dan Penggantian Komponen Kopling, semoga bermanfaat bagi anda semua. Mungkin artikel ini masih kurang lengkap, oleh sebab itu admin mengharap kan sumbang saran bagi semua pengunjung guna melengkapi artikel di atas. Baca juga artikel tentang Cara Mudah Melakukan Perawatan Pada Mobil & Cara Membersihkan Karburator Motor
Terima kasih !
0 comments:
Post a Comment