Monday, 6 January 2014

FUNGSI EGR PADA MESIN DIESEL

FUNGSI EGR PADA MESIN DIESEL 

Apakah EGR ??
 Di dalam mesin motor bakar (internal combustion engine), aplikasi  system EGR secara prinsip adalah mengurangi emisi Nitrogen Oxide (NOx) àpolutan knalpot yg paling berbahaya baik di mesin bensin maupun diesel.Karena formasi Nitrogen Oxide (NOx) cepat terbentuk pada temperature tinggi, maka penggunaan system EGR akan mengurangi terbentuknya NOx. NOx akan terbentuk utamanya ketika campuran nitrogen dan oxygen terpapar pada suhu tinggi.

EGR

Cara kerja EGR



EGR bekerja dengan mensirkulasi kembali sebagian dari gas buang dari exhaust manifold kembali ke ruang bakar (combustion chamber), sebagian gas buang (dalam konteks ini disebut “inert” karena gas ini tidak bereaksi dengan pembakaran) akan mengganti sebagian jumlah campuran bahan bakar yg masuk ke silinder.
Hal ini berarti panas dari pembakaran menjadi berkurang, dan pembakaran akan menghasilkan tekanan/tenaga yg sama pada temperature yg lebih rendah. Pada mesin diesel, gas buang tersebut menggantikan sebagian kelebihan oxygen di campuran bahan bakar.




EGR  pada mesin Diesel

Pada mesin diesel modern, sebelum masuk ke intake EGR didinginkan oleh heat exchanger/gampangan e radiator, untuk menaikan tingkat kepadatan dari EGR. Mesin diesel secara umum beroperasi dg banyak kelebihan udara, mereka memanfaatkan tingkat penggunaan EGR sampai 50% (terutama pada waktu idle (stasioner tanpa beban) kelebihan udara dalam pembakaran sangat besar) untuk mengontrol tingkat emisi NOx.

Karena mesin diesel tidak menggunakan throttle valveaka tidak ada throttle losses.

Penggunaan EGR pada mesin diesel akan mengurangi rasio panas jenuh dari campuran bahan bakar di piston, sehingga mengurangi tenaga yg didapat oleh piston. EGR juga akan cenderung mengurangi jumlah BBM yg dikonsumsi di ruang bakar yg ditandai dengan meningkatnya jumlah partikel emisi (khususnya karbon) yg tidak terbakar sesuai dengan peningkatan jumlah EGR.

Peraturan emisi yg ketat membuat EGR yg memproduksi banyak partikel emisi karbon harus membuat para produsen mesin memasang filter. Filter dibuat sedemikian rupa agar tidak mampet oleh akumulasi partikel emisi  dengan cara menginjeksikan bahan bakar dan udara untuk membakar jelaga yg menempel.  

Demikian lah penjelasan tentang EGR, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua ...

FUNGSI EGR PADA MESIN DIESEL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dunia Otomotif

1 comments:

  1. Terima kasih telah berbagi ilmu. Tuhan Yesus memberkati

    ReplyDelete