Baiklah, kali ini saya akan sedikit berbagi tentang
pengalaman pribadi yang saya alami tentang trouble pada kendaraan Strada Triton
(KB7) atau yang belum Common Rail. Keluhan pertama pemilik yaitu kendaraan
dirasakan kurang tenaga, dari situ pekerjaan saya lakukan seperti biasanya,
mulai dari memeriksa kondisi filter udara(Air
Cleaner),filter bahan bakar(Fuel
Filter), saluran bahan bahan bakar mulai dari tangki sampai ke nozzle tak
luput dari pemeriksaan saya. Namun kondisi kurang tenaga tersebut tetap belum
hilang. Hingga saya memutuskan untuk menguras tangki, kermudian membuka semua
nozzle untuk memastikan mampat atau tidaknya nozzle tersebut. Setelah nozzle
saya turunkan,saya langsung memeriksa tekanan nozzle, ternyata sudah tidak
sesuai dengan standart yang telah di tentukan. Untuk mencegah nozzle membuka
pada tekanan yang rendah, akhirnya saya menambahkan lena/ pelat kuningan yang
sangat tipis untuk menaikan tekanan pada nozzle sehingga nozzle tidak akan
mebuka pada tekanan yang rendah.
Apabila nozzle telah terbongkar, jangan lupa untuk membersihkan dan memeriksa apakah ada bagian yang rusak dan perlu untuk di ganti, apabila ada kerusakan maka gantilah part yang rusak tersebut.
Apabila nozzle telah terbongkar, jangan lupa untuk membersihkan dan memeriksa apakah ada bagian yang rusak dan perlu untuk di ganti, apabila ada kerusakan maka gantilah part yang rusak tersebut.
Setelah tangki saya
naikkan dan nozzle kembali saya rakit, mesin tidak mengalami perubahan.
Hanya asap yang sebelumnya pekat kini menjadi agak berkurang setelah kuras
tangki dan membersihkan nozzle.
Saya pun bingung dengan keadaan ini, namun karena
rasa ingin tahu dan ingin menambah pengalaman, saya bertanya kepada senior
saya. Beliau menyuruh saya untuk memeriksa timing injeksi pump pada mobil
tersebut. Pada pemeriksaan pertama ternyata timing injeksi masih standart dari
pabrikan, oleh sebab itu di tarik kesimpulan untuk melakukan penyetelan timing.
Karena jarang yang mendapatkan trouble yang seperti ini, saya agak kepayahan
untuk melakukan penyetelan timing tersebut. Di tambah lagi kendaraan ini
menggunakan timing chain bukan timing belt, jadi tidak boleh sembarangan untuk
menyetel timingnya. Apabila tanda top telah melewati tanda top yang seharusnya,
maka tidak bisa di putar balik, pulley harus di putar ulang sampai tanda top
berikutnya. Itu lah yang membuat sedikit agak rumit di bandingkan dengan
kendaraan yang menggunakan timing belt.
Boss-otomotif.blogspot.com |
Berikut urutan cara melakukan penyetelan timing
injeksi pada kendaraan Mitsubishi Triton :
Ø Lepaskan
semua pipa injeksi dari injeksi pump dan nozzle
Ø Lepas
baut 12 pada bagian tengah injeksi pump(dari belakang)
Ø Kemudian
pasang alat yang akan di gunakan untuk melakukan penyetelan(biasanya menggunakan
dial gauge dan alat khusus untuk menyetel timing)
Ø Kendurkan
baut pengikat injeksi pump yang terdapat di bagian depan injeksi pump (baut 12,
ada 2 buah) kemudian kendurkan baut injeksi pump sebelah belakang (baut14, ada
1 buah)
Ø Untuk
membuka baut bagian depan yang sebelah kanan memang agak susah, apabila anda
ingin menyetel maka buka lah terlebih dahulu plat yang diikat mengguanakan
baut”L” di sisi sebelah kanan injeksi pump dan mepet dengan mesin
Ø Putar
pulley alternator untuk menentukan top titik injeksi
Ø Setelah
pulley pada posisi top, lihat pada dial gauge yang di gunakan untuk menyetel
timing tersebut, liaht berapa mm pergerakan jarum pada dial gauge
Ø Setelah
itu putar kembali pulley alternator sampai jarum pada dial gauge tidak bergerak
lagi.
Ø Lihat
berapa derajat timing pada pulley
Ø Setelah
itu geser injeksi pump sesuai dengan kebutuhan, mendekati atau menjauhi posisi
mesin, lakukan penyetelan sesuai kebutuhan. Jika ingin memajukan timing, geser
injeksi pump mendekati posisi mesin, dan sebaliknya jika ingin mengurangi
timing injeksi.
Ø Kencangkan
baut injeksi bagian dalah menggunakan kunci socket 12, kemudian kencangkan baut
injeksi bagian luar dan belakang.
Ø Lepas
alat penyetel timing dan dial gauge yang terpasang pada injeksi pump
Ø Pasangkan
kembali baut penutup injeksi pump bagian belakang dan kencangkan
Ø Pasangkan
kembali pipa-pipa injeksi sesuai dengan urutan masing-masing dan kencangkan
Ø Start
engine lalu lakukan pengetesan, berhasil atau tidak penhyetelan anda
Boss-otomotif.blogspot.com |
Demikianlah informasi mengenai trouble yang saya alami, semoga dapat membantu rekan-rekan sekalian yang sedang mengalami trouble atau yang sedang belajar tentang sistem injeksi pada kendaraan.
Saya sadar bahwa artikel saya ini mungkin kurang
jelas bahkan mungkin kurang lengkap, oleh sebab itu saya mengharapkan kritik
dan saran dari rekan-rekan sekalian untuk lebih menyempurnakan artikel saya
ini.
Terimakasih atas kunjungan anda, semoga menambah
wawasan anda.
Selamat berkunjung kembali di Boss-otomotif.blogspot.com
Selamat berkunjung kembali di Boss-otomotif.blogspot.com
Ayo Cobain Sensasi Bermain Promo Freechip Tanpa Deposit... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.
ReplyDelete